Beranda


Info: Rabu, 21 Agustus 2019

Pemberitahuan Penerimaan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2020

Kami sampaikan dengan hormat bahwa Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan memberi kesempatan kepada dosen tetap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk mengajukan proposal pengabdian kepada masyarakat untuk pendanaan tahun 2020. Proposal pengabdian kepada masyarakat dapat diajukan sesuai dengan skema pendanaan sebagai berikut.

Pengabdian Kepada Masyarakat, kategori kompetitif nasional meliputi skema:

a. Program Kemitraan Masyarakat (PKM)

b. Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS)

c. Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK)

d. Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD).

e. Program Pengembangan Unit Produk Intelektual Kampus (PPUPIK).

f. Program Kemitraan Wilayah (PKW)

g. Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM)

h. Program Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)

i. Program Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi (PPMUPT).

Pengusulan proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan secara daring (online) melalui Simlitabmas dengan alamat http://simlitabmas.ristekdikti.go.id. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon Saudara berkenan menginformasikan program dimaksud kepada dosen di lingkungan kerja Saudara dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Bagi LP/LPM/LPPM yang belum mempunyai user dan password Operator Pengabdian kepada Masyarakat dapat mengajukan melalui surel (e-mail) resmi LP/LPM/LPPM ke simlitabmas@ristekdikti.go.id dengan subjek “Permohonan User dan Password Operator” dan mencantumkan: a. kode perguruan tinggi sesuai dengan yang terdaftar di laman forlap.ristekdikti.go.id. b. nama perguruan tinggi c. nama dan jabatan yang bertanggung jawab terhadap akun d. SK ketua LPPM e. Email resmi LPPM Bagi LP/LPM/LPPM yang sebelumnya sudah mendapatkan user dan password Operator untuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dapat langsung menggunakan user dan password tersebut.
  2. Tahap pengusulan Program Pengabdian kepada Masyarakat secara daring dimulai tanggal 19 Agustus sampai dengan 9 September 2019.
  3. Sesuai dengan ketentuan pada Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XII Tahun 2020 (lampiran 1), bahwa pada tahun yang sama, seorang dosen hanya diperbolehkan terlibat pada dua judul pengabdian kepada masyarakat, yaitu masing-masing satu judul sebagai ketua dan satu judul sebagai anggota atau dua judul sebagai anggota.
  4. Usulan Dosen yang masih belum mengunggah catatan harian, laporan akhir, laporan pertanggungjawaban keuangan, dan bahan seminar hasil (artikel ilmiah, borang capian hasil, poster dan profil) program pengabdian kepada masyarakat yang diterima pada tahun sebelumnya, tidak akan diproses lebih lanjut.
  5. Ketua pelaksana yang akan mendaftarkan dosen lain sebagai anggota tim harus mendapatkan persetujuan dari yang bersangkutan melalui Simlitabmas.
  6. Proposal pengabdian kepada masyarakat mengikuti ketentuan Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Pergururuan Tinggi Edisi XII tahun 2020.
  7. Untuk proposal Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2020 DRPM mendapatkan mandat dari Bappenas dan Kemnko PMK untuk melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat pada desa pilot dan kawasan Desa Prioritas Nasional /KPPN (lampiran 2). Kami menghimbau Perguruan Tinggi terdekat dengan lokasi desa Pilot dan KPPN agar dapat mengajukan proposal Pengabdian kepada Masyarakat di lokasi tersebut.
  8. Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII Tahun 2020 dan Panduan Pengusulan Program Pengabdian kepada Masyarakat melalui Simlitabmas sebagaimana terlampir.
  9. Proposal pengabdian kepada masyarakat baru usulan tahun 2019 yang didanai untuk anggaran tahun 2020 skema multi tahun adalah sebanyak 100 judul dan skema mono tahun sebesar 500 judul.
  10. Proposal yang telah diperbaiki disubmit/dikirim ulang, selanjutnya diproses persetujuannya oleh Ketua LP/LPM/LPPM menggunakan aplikasi Simlitabmas. Panduan perbaikan proposal beserta prosedur persetujuan dapat dilihat pada Lampiran 3.
  11. Proposal yang status approval “ditolak” oleh Ketua LP/LPM/LPPM tidak dapat diperbaiki.
  12. Approval oleh Ketua Lembaga paling lambat tanggal 12 September 2019

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon Saudara berkenan untuk menyampaikan informasi tersebut di atas kepada para dosen di lingkungan kerja Saudara, dan mohon kerjasama Saudara yang sebaik-baiknya dalam rangkaian proses penerimaan proposal.

Demikian untuk diketahui, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat,

ttd

Ocky Karna Radjasa

NIP 196510291990031001


Info: Selasa, 20/08/2019

Sharing Session with Dr. Taufik
Professor of Electrical Engineering
Director of Electric Power Institute
California Polytechnic State University, San Luis Obispo, USA

Hari ini, selasa 20 Agustus 2019 Polman Astra kedatangan tamu istimewa, yaitu Prof. Dr. Taufik. Prof. Dr. Taufik adalah orang Indonesia yang menjadi dosen teknik elektronika di California Polytechnic, USA atau Cal Poly. Kampus Cal Poly terletak di antara kota Los Angeles dan San Francisco. Prof. Dr. Taufik sudah mulai mengajar di Cal Poly sejak 1999, setelah meraih gelar doctor dari Cleveland State University.

Acara dimulai sejak pukul 11.00-13.00 WIB di ruang 406 gedung B lantai 4 Polman Astra, dihadiri oleh direktur Polman Astra, Pak Tony H Silalahi dan dosen Polman Astra. Acara dimulai dengan pengenalan biodata Prof. Dr. Taufik oleh Pak Abdi S Telaga selaku Host dan perwakilan dari LP2M Polman Astra. Kemudian dilanjutkan oleh materi sharing dari Prof. Dr. Taufik tentang kampus Cal Poly, yaitu terkait bangunan, kurikulum, mahasiswa, dosen, dll.

Acara dilaksanakan dengan lancar dan sukses, selain sharing dari Prof. Dr. Taufik, terjadi interaksi tanya jawab antara Prof. Dr. Taufik dengan para dosen Polman Astra dilanjut dengan makan siang bersama. Harapannya dengan sharing session ini dapat menjadikan Polman Astra lebih baik lagi, karena mendapatkan banyak cerita motivasi dan tips dari Prof. Dr. Taufik yang sudah menjadi dosen selama 20 tahun di Cal Poly, salah satu universitas S1 Teknik terbesar di California.


Info: Rabu, 07/08/2019

Polman Astra Mendapat Undangan untuk Mengikuti Kegiatan Simposium Kekayaan Intelektual

Polman Astra mendapat undangan mengikuti kegiatan Simposium Kekayaan Intelektual.

Kegiatan ini difasilitasi oleh Kemenristek Dikti, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual.

Hal ini dimaksudkan dalam rangka menjaga kesinambungan hasil penelitian menuju hilirisasi.

Sebagaimana diketahui, Polman Astra, di tahun 2018, telah menerima & menyelesaikan hibah penelitian PPTI (Program Pengembangan Teknologi Industri).
Judul penelitian: Pengembangan Mesin CNC Multifungsi (Laser CO2, Engraving, 3D Printing) sebagai Pendukung Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Dalam hal ini, Dr.Eng Syahril Ardi, dan Harki Apriyanto, PhD, sebagai tim peneliti utama bersama tim riset PT Winteq, telah berhasil melakukan pengembangan dan pengujian secara teknis.

Secara keseluruhan, kegiatan ini akan diikuti oleh 18 Tim Peneliti, yang diseleksi dari hasil Penelitian Hibah PPTI dan Insinas.

Selanjutnya, simposium kekayaan intelektual ini, bertujuan untuk proses selanjutnya, yaitu dilakukan valuasi terhadap produk riset yang sudah dikembangkan.

Semoga penelitian berbasis produk terapan ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi pendidikan, industri, dan Bangsa Indonesia.


Berita Penelitian: Selasa, 06/08/2019

Sosialisasi Pengusulan Proposal Penelitian Kemenristekdikti 2019 oleh LP2M Polman Astra

Senin, 5 Agustus 2019 LP2M Polman Astra mengundang dosen Polman Astra untuk Sosialisasi Pengusulan Proposal Penelitian Tahun 2019 untuk Pendanaan Tahun 2020-2022 dari Kemenristekdikti .

Tempat acara tersebut adalah Ruang Rapat 2, Lantai 5 Gedung B, Polman Astra dari pukul 10.00 – 12.00 WIB

Acara tersebut diisi oleh 2 pembicara, yaitu Pak Abdi Suryadinata Telaga sebagai perwakilan dari LP2M Polman Astra yang menjelaskan terkait skema penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat edisi XII revisi tahun 2019 dan Pak Setia Abikusna sharing pengalaman dan strategi pembuatan proposal hibah dikti.

Semoga Polman Astra bisa mendapatkan hibah dikti untuk pendanaan tahun 2020-2022.


Berita Seminar dan Workshop: Senin, 05/08/2019

Seminar dan Workshop Ide Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2019

Jum’at 2 Agustus 2019, Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) menggelar seminar dan workshop yang diselenggarakan di Lantai 3 Gedung A Astra International, dengan tema Ide Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebagai salah satu rangkaian acara Academic Day Polman Astra 2019.

Acara tersebut diisi oleh Bapak Djoko Subagio, ST., MT. sebagai penanggung jawab PKM 2019 dari Polman Astra dan Adnan Bayu Aji prodi Sistem Informasi (SI) tingkat 3 sebagai anggota PKM 2019 dari Polman Astra.

Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa aktif Polman Astra dari berbagai tingkat dan prodi. Harapannya, acara tersebut dapat memberikan semangat bagi mahasiswa untuk terus berinovasi.


Call for Papers : Selasa, 30/07/2019

Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin 2019 : Inovasi Maju dalam Teknik Mesin untuk Pembangunan Berkelanjutan


Call for Papers : Selasa, 30/07/2019

International Symposium on Advances and Innovations in Mechanical Engineering


Berita Publikasi: Jum’at, 26/07/2019

8th International Conference of Mechatronics and Control Engineering, 2019

Tahun ini merupakan tahun ke 8 dari International Conference of Mechatronics and Control Engineering (ICMCE). ICMCE dilaksanakan di Paris pada tanggal 23-25 Juli 2019. ICMCE 2019 menawarkan program yang menarik bagi akademisi, pemerintah dan industri. Hal ini mencakup beberapa pembicaraan & diskusi, sesi paralel, dll. Serangkaian pembicaraan & diskusi yang menarik untuk mengembangkan keterampilan dan memajukan kesadaran akan praktik rekayasa industri bidang mekatronika & control engineering yang menjadi perhatian khusus bagi industri.

Syahril Ardi, dosen dan peneliti Politeknik Manufaktur Astra, turut menjadi salah satu pembicara & pemakalah, yang menyajikan makalah penelitian aplikatif di industri manufaktur & otomotif. Beliau menyajikan studi kasus Otomasi Industri berbasis PLC Controller Systems, yang dapat meningkatkan efisiensi kerja, mempercepat cycle time process mesin, meningkatkan standar safety bagi pekerja.

Beliau berkenalan dengan beberapa profesor dan peneliti, diantaranya:

  • Prof Sergey Alexandrov, Russia.
  • Prof Jan Awrejcewicz, Polandia.
  • Dr Omer Argin, Istanbul Technology Institute, Turkey.
  • Dr Soeren Scherler, Institute Mechatronics Germany.
  • dll.

Makalah yang diterima (terdaftar dan disajikan) dari ICMCE 2019 akan dipublikasikan ke dalam IOP Journal of Physics: Conference Series (JPCS) (ISSN Online: 1742-6596, Cetak ISSN: 1742-6588), yang diindeks oleh Conference Citation Index Citation Index – Sains (CPCI-S) (Thomson Reuters, Web of Science), Ei Compendex, Scopus, dll. Dan diharapkan akan dibaca dan dikutip secara luas.

Ucapan Terimakasih

Politeknik Manufaktur Astra, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang telah mendukung kegiatan di atas, khususnya kepada pihak PT United Tractors, Tbk melalui Yayasan Karya Bakti United Tractors, UT School. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kegiatan pendidikan & penelitian di bidang industri otomotif & alat berat, untuk kemajuan Bangsa Indonesia.


Info: Selasa, 23/07/2019

Pemberitahuan Penerimaan Proposal Penelitian Tahun 2019 untuk Pendanaan Tahun 2020-2022

Dalam rangka seleksi proposal penelitian tahun 2019 untuk pendanaan tahun 2020 – 2022, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat membuka kesempatan bagi para dosen Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk mengusulkan proposal penelitian. Perlu kami sampaikan bahwa untuk proposal penelitian, anggota peneliti bisa berasal dari dosen perguruan tinggi yang berbeda (termasuk perguruan tinggi di luar Kemenristekdikti), lembaga litbang, atau institusi lain baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Adapun skema penelitian yang dibuka untuk penerimaan proposal pada tahun 2019 ini adalah sebagai berikut.

1. Kategori Kompetitif Nasional, meliputi skema:

  • Penelitian Dasar (PD)
  • Penelitian Terapan (PT)
  • Penelitian Pengembangan (PP)
  • Penelitian Dosen Pemula (PDP)
  • Penelitian Kerja Sama antar Perguruan Tinggi (PKPT)
  • Penelitian Tim Pascasarjana (PTP)
    • Penelitian Tesis Magister (PTM)
    • Penelitian Disertasi Doktor (PDD)
    • Penelitian Paska Doktor (PPD)

2. Kategori Desentralisasi, meliputi skema:

  • Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT)
  • Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT)
  • Penelitian Pengembangan Unggulan Perguruan Tinggi (PPUPT)

Berkaitan dengan penerimaan proposal penelitian tahun 2019 ini perlu kami sampaikan hal-hal sebagai berikut

1. Proposal dibuat dengan mengikuti ketentuan Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII Revisi Tahun 2019 (Lampiran 1).

2. Pengusulan proposal dilakukan secara daring (online) melalui Simlitabmas dengan alamat simlitabmas.ristekdikti.go.id dengan LOGIN NG 2.0. Teknis pengusulan mengikuti Panduan Pengusulan Penelitian Tahun 2019 (Lampiran 2).

3. Proposal ditulis dengan menggunakan format yang diunduh dari simlitabmas.ristekdikti.go.id. Prosedur unduh format proposal tercantum dalam Panduan Pengusulan Penelitian Tahun 2019 (Lampiran 2)

4. Proposal dan Rincian Anggaran Belanja (RAB) dibuat secara keseluruhan sesuai dengan durasi penelitian yang akan dilaksanakan.

5. Proposal yang tidak mengikuti ketentuan pada Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII Revisi Tahun 2019 dan/atau tidak menggunakan format yang diunduh dari simlitabmas.ristekdikti.go.id tidak akan diikutsertakan dalam penilaian (review) secara substantif.

6. Pengusulan proposal dibuka tanggal 18 Juli 2019 – tanggal 18 Agustus 2019 dan approval oleh Ketua LP/LPM/LPPM dibuka tanggal 20 Juli – 20 Agustus 2019.

7. Proposal yang tidak di-approve oleh Ketua LP/LPM/LPPM dianggap tidak diusulkan.

Sehubungan dengan hal tersebut, dimohon :

1. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi secara aktif mendorong Perguruan Tinggi di wilayah masing-masing untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas proposal yang diusulkan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

2. Ketua LP/LPM/LPPM segera menyampaikan informasi tersebut di atas kepada para dosen di Perguruan Tinggi masing-masing, dan secara aktif mendorong para dosen untuk mengusulkan proposal penelitian pada waktu yang telah ditentukan.

Demikian untuk diketahui, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat,

     Ttd 

Ocky Karna Radjasa

NIP 196510291990031001


Call for Papers: Senin, 22/07/2019

The 6th International Conference on Engineering, Technology, and Industrial Application ( December 11th – 12th , 2019 )

Dear university academics, researchers, practitioners, and professionals in industries,

On behalf of conference organizing committee, we are pleased to invite you to submit your full papers in the Sixth International Conference on Engineering Technology and Industrial Application (ICETIA 2019)11-12 December2019, Alila Hotel Surakarta, Indonesia

Full Paper submitted to ICETIA 2019 will be reviewed by two independent reviewers. If your full paper is accepted, we will inform you and ask you to revise your full paper  if there are corrections prior to the presentation.

TOPIC : INTELLIGENT ENGINEERING IN INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0: RENEWABLE ENERGY, RESOURCE AND MATERIAL DEVELOPMENT

The deadline of Full Papers Submission is 12th October 2019.

Publication :

  • Conference Proceedings ISSN: 0094-243X/E-ISSN: 1551-7616, indexed by Scopus (+additional publication fee).

ICETIA 2019 is an annual international event hosted and organized by Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Indonesia.

We look forward to welcome you in the city of the Spirit of Javanese Culture, Surakarta, Indonesia.

For more information : klik here

With best regards,

Ir. Agus Dwi Anggono, S.T., M.T., Ph.D., IPM.

Conference Chair


Call for Papers: Senin, 22/07/2019

The 1st Annual Advanced Technology, Applied Science, and Engineering Conference (August 29th-30th, 2019)

Important date !!
Abstract Submission: diperpanjang sampai 27 July 2019

Pastikan bapak/ibu mengikuti acara di atas.

Untuk informasi lebih detail , bisa klik link dibawah ini :

ATASEC 2019


Call for Papers: Senin, 22/07/2019

6th Asian Conference on Defence Technology 2019 (November 13th-15th, 2019)

Important date !!
Final Paper Submission: diperpanjang sampai 30 July 2019

Pastikan bapak/ibu mengikuti acara di atas.

Untuk informasi lebih detail , bisa klik link dibawah ini :

ACDT 2019


Berita PKM: Jum’at, 19/07/2019

Mahasiswa Politeknik Manufaktur Astra Mengikuti Monitoring dan Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa Eksternal Dikti 2019

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) mengikuti tahapan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Eksternal Dikti setelah lolos pendanaan PKM 2019. Monev dilaksanakan pada tanggal 17-18 Juli 2019 di gedung laboratorium riset multidisiplin FMIPA Universitas Indonesia, Depok. Judul PKM adalah Rancang Bangun Sistem Integrasi Angkutan Kota (SIANGKOT) Guna Mendukung Program JakLingko.

Berikut adalah daftar nama yang terlibat dalam Monev PKM 2019 dari Polman Astra:

  • Bidang Kegiatan: PKM – Karsa Cipta
  • Anggota:
    • Adnan Bayu Aji
    • Mela Hidayah
    • Nur Haski
  • Pembina:
    • Rida Indah Fariani, S.Si., M.T.I
  • Penanggung jawab program dari Polman Astra:
    • Djoko Subagio, ST., MT.

Mohon doanya, semoga Polman Astra lolos dan dapat mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Bali serta dapat terus mengembangkan inovasi yang bermanfaat bagi Indonesia.


Info : Selasa, 16/07/2019

SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER


Info : Senin, 01/07/2019

CHALLENGES AND OPPORTUNITIES OF INTERNET OF THINS (IOT) AND DATA ANALYTICS IN THE ERA OF INDUSTRY REVOLUTION 4.0


CALL FOR PAPER FOR 4TH IEE CONFERENCE ON ENERGY CONVERSION


Berita Penelitian: LPPM

Polman Astra Mendapatkan Dana Hibah Proposal Penelitian PPTI 2019 oleh Kemenristek Dikti

Untuk informasi lebih lengkap bisa dicheck pada menu Pengumuman > Hibah


Informasi Seminar dan Lomba

Untuk informasi lebih lengkap bisa dicheck pada menu Pengumuman > Call For Paper. Pada menu tersebut sudah ada pamflet untuk kedua acara dibawah ini .


Berita Penelitian: LPPM

Polman Astra Mengikuti Seleksi Paparan Proposal Penelitian PPTI 2019 oleh Kemenristek Dikti

Keterangan gambar:
Suasana presentasi pemaparan proposal hibah PPTI 2019, Ristekdikti, dihadiri oleh Tim Polman Astra, PT Astra Otoparts, Tbk – Divisi WINTEQ, PT CNC Design, dan PT Astra Otoparts, Tbk – Divisi Engineering Develompent Center. Presentasi dilakukan oleh: Dr. Eng Syahril Ardi; Atet Karkono, SST; dan Harki Apriyanto, PhD.

Pada Tahun 2018, Polman Astra yang berkolaborasi dengn PT Winteq telah berhasil membuat pengembangan mesin CNC multifungsi (Laser CO2, Engraving, 3D Printing) sebagai pendukung teknologi informasi dan komunikasi yang didanai oleh Kemenristekdikti. Maka di tahun 2019, Polman Astra berhasil lolos seleksi & pemaparan proposal (lanjutan) hibah PPTI (Program Pengembangan Teknologi Industri).

Tahun 2019, Polman Astra bersama Industri telah mengirimkan 3 proposal hibah penelitian dan berhasil mengikuti tahap pemaparan. Tahap pemaparan dilaksanakan pada 9 April 2019 di Hotel Sahid Serpong, dengan 3 proposal sebagai berikut:

  1. Pengembangan Sistem Kontroler Multi Fungsi Dan Sistem Monitoring Berbasis IoT Pada Mesin CNC Multi Fungsi Sebagai Pendukung Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Lanjutan).
  2. Pengembangan Mesin CNC Multi Fungsi (Laser CO2, Engraving, 3D Printing) Sebagai Pendukung Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Lanjutan).
  3. Pengembangan Mesin Test Kondisi Lingkungan (Enviromental Chamber) Dalam Rangka Lokalisasi Teknologi Pengujian Produk.

Semoga Polman Astra bersama Industri terkait, dapat terus mengembangkan inovasi berupa mesin industry tepat guna yang bermanfaat bagi dunia pendidikan vokasi dan industry manufaktur di Indonesia.


Pembuatan Video Mesin CNC Multifungsi oleh Ristekdikti Sebagai Dokumentasi Akhir Hibah PPTI (Program Pengembangan Teknologi Industri) Tahun 2018.

Keterangan gambar:
Suasana pembuatan video hibah PPTI 2018, Ristekdikti, dihadiri oleh Tim Ristekdikti, Tim Polman Astra, dan PT Astra Otoparts, Tbk – Divisi WINTEQ.  Dalam gambar terlihat Dr. Eng Syahril Ardi (Polman Astra); Febri Setianto (PT Winteq); dan Harki Apriyanto, PhD (Polman Astra).

Sebagai akhir pelaporan kegiatan hibah penelitian PPTI tahun anggaran 2018, Polman Astra dan PT Winteq penerima hibah sebesar Rp 385.000.000,- karena telah melakukan proses dokumentasi berupa pembuatan video terkait pengoperasian mesin CNC multifungsi.

Proses dokumentasi dilakukan pada hari Jumat, 22 Maret 2019. Bertempat di area PT Winteq, Jl Raya Jakarta Bogor KM 47, Nanggewer Mekar, Cibinong, proses pembuatan video tersebut telah berjalan dengan lancar. Polman Astra bersama PT Winteq telah berhasil mengembangkan mesin CNC multifungsi, yang meliputi 3 fungsi dalam satu mesin CNC, yaitu: Laser CO2, Engraving, 3D Printing.

Mesin CNC multifungsi ini sudah memenuhi standar umum industri, diperuntukkan sebagai media belajar sekolah vokasi (SMK) dan industri kreatif level UKM (Usaha Kecil Menengah). Diantara kelebihan mesin CNC multifungsi ini adalah: mengurangi kebutuhan luasan area mesin; akurasi hasil produk berkisar 40 mikron, peningkatan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri), mudah dalam penggunaan.


Penerimaan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2019

Yth. Pemimpin Perguruan Tinggi dan Koordinator Kopertis Wilayah I s/d XIV
Berikut terlampir pengumuman mengenai Penerimaan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2019:

Penerimaan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada-1

Penerimaan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada-2